Tuesday, August 13, 2019

Pengukuran Tegangan (Laporan Distribusi Tenaga Listrik)



LAPORAN LAB. SISTEM DISTRIBUSI TL
PENGUKURAN TEGANGAN




              Nama             : Cici Handesri Mahesa
              NIM                : 1620103001
              Kelas/Prodi    : 2.1 / Teknik Listrik
              Mata Kuliah  : Sistem Distribusi TL
              Semester         : IV (Genap)




POLITEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
PRODI TEKNIK LISTRIK
TAHUN AJARAN
 2018




DAFTAR ISI

                       
LEMBAR PENGESAHAN......................................................................................   i
KATA PENGANTAR..............................................................................................   ii
DAFTAR ISI ............................................................................................................   iii
I. TUJUAN................................................................................................................   1
II. DASAR TEORI...................................................................................................  1
III. GAMBAR RANGKAIAN................................................................................   2
IV. PERALATAN DAN BAHAN ..........................................................................   3
V. LANGKAH KERJA............................................................................................   3
VI. KESELAMATAN KERJA................................................................................   4
VII. DATA HASIL PERCOBAAN ........................................................................   4
VIII. ANALISA.......................................................................................................   5
IX. KESIMPULAN..................................................................................................   5
DAFTAR PUSTAKA...............................................................................................   6
LAMPIRAN




PENGUKURAN TEGANGAN

Setelah melakukan praktikum ini mahasiswa diharapkan dapat :
1.      Mengetahui gambar rangkaian pegukuran tegangan yang benar;
2.      Mengetahui cara pengukuran tegangan listrik yang benar;
3.      Mengetahui cara penggunaan alat ukur yang benar;
4.      Menganalisa  dan menyimpulkan pembacaan alat ukur voltmeter yang benar.
Pengukuraan merupakan suatu aktifitas atau tindakan untuk membandingkan suatu besaran yang belum diketahui nilainya terhadap besaran lain yang sudah diketahui nilainya. Misalnya dengan besaran standart, pekerjaan membandingkan tersebut adalah pekerjaan mengukur atau pengukuran.

a.        Voltmeter
Voltmeter merupakan instrument untuk mengukur tegangan listrik, tersedia dalam bentuk analog dan digital. Alat ukur ini mempunyai dua terminal . untuk keperluan tegangan ini maka penyambungan voltmeter dihubungkan secara parallel dengan beban yang diukurnya.
Gaya magnetik akan timbul dari interaksi antar medan magnet dan kuat arus. Gaya magnetic tersebut akan mampu membuat jarum alat pengukur voltmeter bergerak saat ada arus listrik. Semakin besar arus listrik yang mengelir maka semakin besar penyimpangan jarum yang terjadi.
b.         Tegangan
Tegangan listrik adalah perbedaan potensial listrik antara dua titik dalam rangkaian listrik, dan dinyatakan dalam satuan volt. Besaran ini mengukur energy potensial dari sebuah medan listrik yang mengakibatkan adanya aliran listrik dalam sebuah konduktor listrik. Tegangan merupakan cabang metrology kelistrikan yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.



Gambar: Bentuk Voltmeter dan Sistim pengukurannya


b.      Gambar Rangkaian 2. Pengukuran Tegangan Pada Stop Kontak 

c.       Gambar Rangkaian 3. Pengukuran Tegangan 3 fasa

          IV.            PERALATAN DAN BAHAN
1.      Meja                                                                              : 1 Unit
2.      Panel Meja (ST7008-1N)                                              : 1 Set
3.      Jamper Banana                                                             : 2 buah
4.      Analog digital multimeter (CO5127-1Z)                     : 1 buah
5.      Prof merah                                                                    : 2 buah
1.      Mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam percobaan.
2.      Membuka kunci sumber power yang ada di depan meja kelompok. 
3.      Memeriksa alat dan bahan sebelum digunakan dalam percobaan, jika ada alat dan bahan yang tidak dapat digunakan maka melaporkannya pada dosen pengajar atau teknisi laboratorium.
4.      Membuat rangkaian seperti gambar rangkaian 1.
5.      Memeriksa kembali rangkaian agar tidak terjadi kesalahan dalam merangkai, kemudian melaporkannya pada dosen pengasuh dan meminta izin untuk mengukur sumber tegangan 1 fasa.
6.      Mengukur tegangan (V) kalibrasi alat ukur sesuai dengan gambar rangkaian 1.
7.      Mencatat hasil pengukuran tegangan (V) yang dibaca alat ukur 1 fasa kedalam tabel 1.1.
8.      Mengukur tegangan (V) pada stop kontak sesuai gambar rangkaian 2.
9.      Mencatat hasil pengukuran tegangan (V) pada tabel 1.1.
10.  Mengukur tegangan fasa ke fasa sesuai gambar rangkaian 3.
11.  Mencatat hasil pengukuran tegangan (V) pada tabel 1.1.
12.  Mematikan sumber power dan membongkar rangkaian serta mengembalikan alat kembali pada tempanya.
13.  Mengecek hasil praktikum dengan cara menunjukkan kepada dosen pengajar dan meminta tanda tangan dosen pengajar pada hasil laporan praktikum sementara.
1.      Memakai baju laboratorium pada saat melaksanakan percobaan.
2.      Mematuhi semua peraturan yang ada di dalam laboratorium.
3.      Mengikuti instruksi yang diberikan oleh dosen pengasuh.
4.      Tidak bermain-main dengan sumber tegangan dan peralatan yang ada didalam laboratorium.
                 a.      Pengukuran Tegangan Kalibrasi, Stop Kontak dan 3 Fasa
                  Tabel : 1.1
No.
Nama
Nomor urut
Pengukuran
Tegangan U/V (Volt)
1
Kalibrasi
( 3 )
dari Kanan Panel Meja
+ dan – alat ukur
0,24
2
Stop Kontak
( 3 )
dari Kanan Panel Meja
L1-N
225,8
3
Kontak Tusuk 3 Fasa
( 3 )
dari Kanan Panel Meja
L1-L2
389,7
4
L2-L3
389,4
5
L1-L3
392,9
6
L1-N
225,4
7
L2-N
225,4
8
L3-N
226,8
9
L1-PE
199,3
10
L2-PE
276,3
11
L3-PE
209,8
12
N-PE
50


Perhitungan Line to Line
·            VP (L1-L2) = VL × 3
      = (L1-N) × 3
      = 225,4 × 3
      = 390 volt
Yang terukur : 389,7 Volt
Selisih              : 30 %
·            VP (L2-L3) = VL × 3
      = (L2-N) × 3
      = 225,4 × 3
      = 390 volt
Yang terukur : 389,4 Volt
Selisih              : 60 %
·            VP (L1-L3) = VL × 3
      = (L3-N) × 3
      = 226,8 × 3
      = 392,83 volt
Yang terukur : 392,9 Volt
Selisih              : 7 %
Dari hasil pengukuran  dan perhitungan diatas dapat dianalisa bahwa pengukuran antar fasa dengan kalibrasi alat ukur 0,24 maka diperoleh tegangan antar fasa nya yang tidak jauh berbeda. Begitu pula dengan pengukuran tegangan antara fasa dengan netral yang juga tidak jauh berbeda. Dan yang selanjutnya yaitu tegangan antara fasa dengan PE yang nilainya sedikit berbeda. Sedangkan tegangan antara stop kontak sama dengan tegangan  antara fasa dengan netral.
Terjadinya perbedaan tegangan antara fasa dengan fasa ataupun fasa dengan netral karena adanya error yang terdapat pada rangkaian.

Pengukuran tegangan dengan cara alat ukur voltmeter yang diparalelkan dengan beban. kalibrasi voltmeter digital sangat penting untuk mendapatkan hasil harus sebagaimana mestinya.
Orang yang membaca angka yang tertera dalam mengukur dengan menggunakan voltmeter harus sangat teliti dan tepat. 
Dari hasil pengukuran yang telah di dapat dan setelah dilakukan praktikum dapat ambil kesimpulan bahwa setiap hasil pengukuran tiadak akan sama.
Adapun hasil antara perhitungan dan pengukuran sedikit memiliki perbedaan, disebabkan karena adanya % error.
Untuk menghitung % error dapat digunakan rumus sebagai berikut :
           






Sardjono Hadi,2014,B3-1 Metrologi Kelistrikan Untuk Besaran Arus dan Tegangan, Universitas Brawijaya Press,Malang

https://www.academia.edu/12001546/Pengukuran_Tegangan_Arus_dan_Hambatan_Listrik

MH Sapto Widodo,  2014, Dasar dan Pengukuran Listrik Semester 1 , Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Jakarta





*Semoga Bermanfaat and Happy Learning :)


No comments:

Post a Comment